Selamat Datang diblog Kami

Belajar Cetak Sablon

Posted by Rusman Effendi Selasa, 28 Juni 2011 0 komentar
Percetakan Sablon menurut saya adalah suatu Pekerjaan Seni yang mengasikkan dan menghasilkan uang, ada kepuasan tersendiri setelah kita mengerjakan pekerjaan ini selain itu bisa juga jadi penghasilan sampingan bagi kita tanpa mengganggu pekerjaan kita yang lain. Pekerjaan sablon bukan hal yang baru buat bagi saya. Saya mengenal sablon sejak masih duduk di bangku SMEA (1997), sebelumnya saya cuma bisa mendesain film untuk sablon, dan itupun saya tidak ada keinginan untuk mendalami masalah cetak sablon.

Akhirnya saya penarasan juga masalah Cetak Sablon, dan mencoba belajar kepada orang lain tapi masih banyak bahan dan alat yang masih di rahasiakan. Setelah itu saya tahu bahan dan alat untuk cetak sablon, namun saat itu belum tahu lagi kegunaannya. Pada kesempatan berikutnya saya barter dengan Percetakan yang terkenal di kota saya, saat itu kami barter ilmu saya mengajari Program CorelDRAW, dan pihak Percetakan mengajari Cara Cetak Sablon. 

Singkat kata akhirnya sekarang saya buka Percetakan Sablon dan Kursus Komputer dan yang sekarang lagi saya Buka Video Shooting dan Editing (supaya dapat double saat orang bikin undangan perkawinan sekaligus Video Shooting) semua ini adalah bermula dari Bisnis Percetakan Sablon.

Nah Dalam Kesempatan ini saya akan menerangkan sedikit tentang persiapan Percetakan Sablon. Mengerjakan sablon tidak sulit dan tidak memakan biaya besar, cukup hanya menyediakan peralatan seperti:

- Screen (kain kasa terbuat dari Polyster/Nylon)
- Rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis)
- Obat Afdruk (cairan kental/emilsion)
- Mika (alat pemoles obat afdruk
- Sinar Matahari/Kotak Lampu (penyinaran saat mengafdruk)
- Busa (untuk mengepress film pada screen)
- Semprotan Air (pengembang gambar hasil afdruk)
- Meja Sablon
- Tinta/Cat (khusus sablon)
 
Ada 3 Aspek Tehnik Sablon: 
1. Tehnik Membuat Film Sablon,
Film sablon diharuskan menggunakan program CorelDRAW untuk mendesain pola untuk dimedia sablon setelah itu dicetak menggunakan kertas kalker atau kertas biasa setelah itu dioleskan dengan minyak goreng.

2. Teknik Mengufdruk Screen
























Tahapan ini screen di polis secara merata menggunakan obat emosin secara merata, inilah yang menentukan hasil dari pembuatan Film untuk media diatas screen, setelah selesai lalu dikeringkan menggunan Hard Drayer atau kipas air

3. Tahapan Penyinaran

Letakan media Film dibelakang Screen, setelah beri ganjalan busa ditas screen ditambah pemberat supaya bagian film dan screen tidak bergerak setelah itu tinggal tahapan penyinaran dengan menggunakan cahaya matahari atau menggunakan lampu, lamanya penyinaran tergantung cahaya bila menggunakan matahari cukup 1-2 menit. dan kalau menggunakan lampu bisa bisa 10-15 menit tergantung jumlah lampu yang digunakan. 
Beginilah penyinaran menggunakan lampu

Dengan memahami ketiga dasar tersebut, maka anda sudah bisa memulai pekerjaan cetak sablon yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan atau pun menjadikan sebagai pekerjaan tetap. 

Klasifikasi Biaya Kursus 
Rp. 1.500.000,- selama 15 kali pertemuan
Biaya sudah termasuk bahan dan alat untuk Praktek Kursus Sablon

Bila Anda Berminat Bisa Hubungi kami ke :
Telp. (0511) 7351560 / HP. 0852.4772.9772
 

Popular Posts

Pages